Sebelum kita memulai pekerjaan menggunakan aplikasi Microsoft Excel ada baiknya kita mengatur dahulu jenis kertas yang akan kita gunakan. Hal ini cukup penting, sehingga dalam percetakan akan lebih mudah.
1. Langkah Pertama
Langkah pertama yang harus dipersiapkan adalah memilih jenis kertas yang akan digunakan, ada beberapa banyak jenis kertas yang bisa dipilih seperti yang umum digunakan adalah Folio F4, A4, Legal dan masih banyak yang lainya. Untuk pengaturannya bisa diklik pada Tab Page Layout seperti gambar dibawah ini :
2. Langkah Kedua
Setelah langkah diatas silahkan pilih Size pada Toolbar disitu terdapat banyak pilihan jenis kertas yang bisa digunakan.
Orientation berfungsi untuk menentukan posisi kertas, bisa dipilih Orientasi berdiri atau mendatar. Untuk Potrait berarti berarti posisi kertas berdiri sedangkan untuk Landscape berarti mendatar.
Icon Margin berfungsi untuk menentukan batas halaman, baik batas atas, batas bawah, batas kanan maupun batas kiri.
Fungsi icon Print Area untuk menentukan batas-batas percetakan.
Fungsi icon Break adalah untuk membuat halaman yang terpisah dalam satu sheet.
Fungsi icon Background adalah untuk memberikan background pada sheet.
Fungsi icon Print Tirtles adalah untuk mengeluarkan kotak dialog yang bersisi fungsi-fungsi yang tadi telah dituliskan diatas dan ditambah setting percetakan, repeat baris dan lain-lain.
Gambar 2 : Kotak Dialog Page Setup
Untuk penjelasan lebih detil tentang cara penggunaanya Insya Allah akan diposting pada posting-posting berikutnya.
0 komentar:
Posting Komentar
Tinggalkanlah jejak dengan menulis komentar.