Membuat Daftar (list) Yang Digunakan Untuk Pengurutan

Kali ini kita akan belajar membuat daftar (list) yang digunakan untuk pengurutan, pasti kita tahu apabila kita melakukan drag dengan mouse pada cell dan di cell tersebut sudah terisi angka yang berurutan maka secara otomatis cell yang didrag akan terisi angka secara berurutan pula. 


Permasalahannya bagaimana jika kita perlu Daftar (list) yang berbeda dengan defaultnya diaplikasi excel ..?
Tentu saja kita harus membuat customnya (custom list).
Contohnya :
Kita akan membuat urutan nama daerah yang berbeda tanpa harus melakukan entry lagi, sebagai latihan kita akan membuat urutan nama daerah seperti dibawah ini :
  1. Ciawi
  2. Sukaraja
  3. Rajapolah
  4. Leuwisari
  5. Singaparna
  6. Sariwangi
Langkah pertama


Klik tombol tombol file kebetulan yang dunakan office 2010 untuk office 2007 klik tombol office (office button)

Pilih menu Option lalu klik tombol Edit Custom list


Masukan daftar yang diingikan pada kotak List Entries

 

Selanjutnya klik tombol Add dan tombol OK. 
Kalau benar hasilnya akan seperti gambar dibawah ini ketika kita drag.

Sebelum Didrag tuliskan nama daerahnya pada cell
Hasilnya akan seperti ini.




Tips ini akan sangat apabila kita sering menggunakan daftar (list) yang dilakukan berulang-ulang tanpa harus mengentry lagi.





Membuat List Pilihan Pada Cell

Dalam mengolah data seringkali kita dibingungkan dengan tidak samanya karakter pada cell data, padahal maksudnya sama. Kesalahan tersebut lebih banyak disebabkan oleh salah dalam pengetikan data. Hal ini akan mengacaukan jumlah data yang muncul dari seharusnya.
 
Contoh :
penulisan nama kecamatan misalnya lemah abang dan lemahabang 

No.
Kecamatan
1
Lemah Abang
2
Lemahabang
3
Lemahabang
4
Lemah Abang
5
Lemah Abang
 
Penulisan tersebut sama maksudnya tapi apabila kita akan jumlahkan berapa kali nama kecamatan tersebut muncul maka akan menghasilkan angka yang berbeda. 

Lemah Abang
Muncul 3 kali
Lemahabang
Muncul 2 kali

untuk mengatasi hal tersebut diatas ada baiknya kita menggunakan fasilitas validasi data yang ada pada tab menu data. 

Posisi menu validasi Data

Cara Merubah Hurup Menjadi Besar dan Kecil di Microsoft Excel

Dalam mengerjakan pekerjaan seringkali kita dihadapkan pada konversi hurup dari kecil menjadi besar atau dari besar menjadi kecil. Didalam Microsoft Word ada menu khusus yang mengkonversinya, hal berbeda didalam Microsoft Excel. Didalam Microsoft Excel kita harus menggunakan fungsi yang memang sudah disediakan untuk mengkonversi hurup dari kecil menjadi besar ataupun dari besar menjadi kecil.

Fungsi yang akan kita bahas kali ini adalah :
  • Fungsi UPPER()
  • Fungsi LOWER ()
  • Fungsi PROPER()  

Fungsi AND()

Pada Artikel kali ini, kita akan membahas penggunaan fungsi AND(), penggunaan fungsi ini dalam implementasinya banyak dikombinasikan dengan fungsi-fungsi yang lain karena fungsi ini salah satu fungsi yang bersifat logic kondisi (TRUE/FALSE) . 

Fungsi AND()

Cara kerja dari fungsi ini adalah dengan cara mengecek dua kondisi yang berbeda. Coba kita perhatikan tabel dibawah ini.

Penggunaan Fungsi DOLLAR()

Pernahkah kita mencoba fungsi dollar dalam mengkonversi angka menjadi teks.? Jika belum mari kita bahas cara menggunakannya. 

Fungsi DOLLAR()

Fungsi =DOLLAR () ini berfungsi untuk merubah angka menjadi teks dengan ditambahkan simbol dari mata uang, untuk mata uang sendiri bisa berbeda-beda sesuai dengan settingan pada komputer masing-masing, kebetulan pada contoh yang akan digunakan menggunakan mata uang rupiah.

Cara Menghitung Tanggal dan Bulan Dengan Menggunakan Fungsi EDATE

Pernah mendengar fungsi EDATE..? mungkin banyak yang sudah mendengar tapi jarang menggunakannya karena belum tahu fungsinya untuk apa. Sebenarnya fungsi yang satu ini digunakan untuk menghitung tanggal dan bulan baik untuk waktu yang akan datang ataupun waktu yang silam.
Lalu kenapa kita membutuhkan fungsi ini.?..
Karena kita tahu bahwa jumlah hari tiap bulannya ada yang berbeda-beda, ada yang 28, 30 dan 31 hari, belum lagi kalau tahun kabisat, bulan Februari menjadi 29 hari. Berangkat dari hal tersebut mungkin kita lebih baik bisa memanfaatkan fungsi yang satu ini dalam menjumlahkan tanggal dan bulan, tanpa harus repot-repot menghitung jumlah hari.

Mengenal Function IS Microsoft Excel

Mungkin sebagian dari kita masih ada yang bertanya-tanya buat apa sih function Is ? sebelum kita melanjutkan ke pembahasan ada baiknya kita mengenal dahulu beberapa jenis function Is yang akan dibahas pada posting kali ini.
Beberapa Jenis function Is yang akan dibahas kali ini adalah :
=ISBLANK()
=ISERR()
=ISERROR()







=ISLOGICAL()
=ISNA()
=ISNONTEXT()
=ISTEXT()
=ISNUMBER()
Sebenarnya masih ada yang lainnya, mungkin kita nanti akan sambung lagi postingannya untuk sementara kita akan bahas  
Selanjutnya kita akan bahas satu persatu function-function yang tadi telah dituliskan diatas.

Menambah Value Secara Otomatis Pada Range Define Name

Sering membuat range data dan di define..? kalau kita sering melakukan hal tersebut pasti kita pernah mengalami bahwa range data yang kita buat itu bersifat statis, kelemahannya adalah ketika kita menambah data dibawah range yang kita buat, maka data baru tersebut tidak masuk kedalam range data yang telah di define name oleh kita. 
Pada postingan kali ini, kita akan membahas cara membuat range data yang di telah di define name menjadi otomatis. Otomatis disini berarti ketika kita menambah data pada baris baru maka secara otomatis data tersebut akan masuk kedalam range data yang telah kita buat tanpa merubah define name yang telah dibuat sebelumnya.

Cara Menggunakan Pivot Table Contoh Kasus Absensi Pegawai

Cara cepat untuk menyajikan data dalam bentuk lain adalah menggunakan pivot table, banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan kita menggunakan pivot table, salah satu diantaranya kita tidak harus melakukan copy paste dari tabel yang akan disajikan dalam bentuk yang berbeda. 
Kita juga bisa menyajikan data dalam bentuk yang bermacam-macam sesuai dengan kebutuhan tanpa harus merubah data aslinya. 
Untuk lebih jelasnya  kita membutuhkan contoh kasus sebagai sample implementasi dari penggunaan Pivot table.
Untuk tutorial singkat kali ini kita akan mengambil contoh kasus daftar hadir karyawan. Data yang tersaji dalam tabel terdapat kolom nomor, tanggal, nik (nomor induk karyawan) nama, Divisi, jam, dan yang terakhir adalah keterangan.

Membandingkan Value Dari Dua Kolom yang Berbeda Menggunakan Function Countif

Adakalanya kita harus melakukan pekerjaan membandingkan data dari dua kolom yang berbeda, seperti gambar disamping ini.
Dan pada posting kali ini masih ada hubungannya dengan posting sebelumnya yaitu cara mencari value ganda pada satu kolom yang sama. Untuk melihat postinganya dapat di klik pada tautan berikut ini klik disini.

Posting ini merupakan pengembangan pada posting sebelumnya yang menggunkan function "countif".
Untuk lebih jelasnya kita akan membuat contoh kasusnya. Contoh kasus yang akan kita angkat kali ini yaitu kita akan membandingkan dua kolom nama kabupaten/kota. Seperti gambar diatas terlihat tabel yang berwana kuning yang terdiri dari kolom Nomor, Kabupaten/Kota dan kolom Keterangan.
Sedangkan tabel yang satunya hanya terdiri dari kolom Nomor dan Kabupaten.