Home » , , , , » Mencari Value Ganda Pada Satu Kolom

Mencari Value Ganda Pada Satu Kolom

Redudansi itu adalah istilah yang digunakan untuk menamai data yang ganda, nah untuk posting kali ini kita akan membahas redudansi tersebut, tentunya bukan dalam konteks pembuatan database tapi lebih ke pencarian data yang mengandung value atau nilai yang ganda. Function yang akan kita gunakan hanya berfungsi mengecek data yang gandanya saja.



Pertama yang harus kita siapkan sebagai contoh adalah tabel data yang mengandung data ganda, kita lihat tabel dibawah ini,


Dari tabel diatas terdapat kolom Kabupaten/kota terdapat data-data ganda. Pada kolom keterangan akan kita gunakan sebagai indikator untuk melihat apakah ada data ganda atau tidak.
Kita akan memasukan function dikolom keterangan untuk functionnya sendiri kita akan menggunakan "Countif".  Masukan rumus =IF(COUNTIF($C$3:$C$20;C3)>1;"Ganda";"")  pada kolom keterangan, seperti terlihat pada gambar dibawah ini.

 
Jangan lupa kita harus menggunakan cell absolut ($) pada kolom referensinya kalau kita akan melakukan drag pada rumus pada kolom keterangan. Kenapa kita harus menggunakan Absolut ($) kami anggap pembaca sudah mengerti. Setelah rumus di kolom keterangan kita drag maka hasilnya akan tampil sebagai berikut.


Hasilnya adalah pada kolom keterangan akan muncul ganda sebagai indikator dikolom Kabupaten/ kota terdapat data yang ganda.

Penjelasan dari function =IF(COUNTIF($C$3:$C$20;C3)>1;"Ganda";"") adalah sebagai berkut ;
  1. Fungsi "If" adalah sebagai bentuk percabangan kondisi, lebih jelasnya bahwa apabila pada kolom Kabupaten/ kota terdapat data yang sama maka pada cell akan menampilkan tulisan ganda.
  2. Fungsi dari "Countif " adalah menghitung / membandikan value pada kolom/ range tujuan.
  3. Fungsi "$C$3:$C$20" adalah range data yang akan dicari apakah ada yang ganda dan tidak.
  4. Fungsi"C3" adalah cell yang akan dicari datanya.
  5. Fungsi ">1;"Ganda";"" " adalah kondisi yang digunakan pada if jika ditemukan value pada cell C3 lebih dari satu maka akan menghasilkan nilai true yang diwakilkan dengan nilai ganda, dan apabila cuma satu maka akan menghasilkan nilai false yang diwakilkan dengan spasi kosong.   

3 komentar:

  1. Terima Kasih atas informasinya min..

    BalasHapus
  2. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus
  3. Maaf Gan.. koq gak berhasil ya,,, q coba... mohon ilmunya gan,,,

    BalasHapus

Tinggalkanlah jejak dengan menulis komentar.