Home » , , » Cara Menghilangkan Karakter Khusus Pada Cell Menggunakan Function Substitute

Cara Menghilangkan Karakter Khusus Pada Cell Menggunakan Function Substitute

Seringkali dalam mengolah data kita dihadapkan pada format data pada cell yang tidak sesuai dengan yang kita inginkan. Apabila data yang kita olah berjumlah sedikit itu tidak akan jadi masalah, kita dapat mengeditnya dengan cara manual satu persatu. Lain halnya apabila data yang kita olah cukup banyak, tentu kita tidak akan bisa melakukan itu secara satu persatu, kita akan butuh bantuan function dalam menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Sebagai contoh kasus kita akan buat sebuah tabel yang berisikan data nomor rekening, format data rekening yang ada tidak sesuai dengan yang dibutuhkan, untuk lebih jelasnya coba perhatikan gambar tabel dibawah ini.


Dari gambar tabel diatas terdapat kolom rekening dan kolom yang diinginkan, pada kolom rekening terdapat deretan angka yang dipisahkan dengan spasi kosong, sedangkan pada kolom yang diinginkan spasi kosong diganti dengan tanda strip.

Untuk merubah hal tersebut kita akan menggunakan function "SUBSTITUTE". Rumus lengkapnya sebagai berikut. Coba perhatikan Cell E4, rumus untuk Cell E4 kita isi dengan = =SUBSTITUTE(D4," ","-"). Penjelasannya sebagai berikut Substitute adalah function untuk merubahnya. D4 merupkan cell yang menjadi tujuan perubahannya, " " spasi yang diapit dengan double quote merupakan karakter yang akan diganti pada cell E4, sedangakan "-" adalah kareakter penggantinya.


Penggunaan function substitute diatas hanyalah salah satu contoh, sedangkan untuk implementasi bisa sangat beragam sesuai dengan kebutuhan. Pada intinya function substitue adalah function untuk mengganti karakter.

1 komentar:

  1. apa harus manual kak?
    per nomor kita ketikan rumusnya?
    bagaimana untuk data yang banyak?

    BalasHapus

Tinggalkanlah jejak dengan menulis komentar.