Home » , , » Menghitung Usia di Microsoft Excel

Menghitung Usia di Microsoft Excel

Pekerjaan dengan banyak data tentu sangat menyita konsenterasi, tenaga dan pikiran. Salah satu yang biasa kita temui adalah menghitung usia, menghitung usia bisa jadi pekerjaan yang cukup menjengkelkan apabila tidak dibantu dengan menggunakan function, berbeda halnya apabila kita sudah mengetahui caranya menghitung usia adalah pekerjaan yang cukup mudah tidak harus menghitung satu persatu.Kita dapat menggunakan function "Datedif" untuk menghitung usia bahkan untuk menghitung berapa tahun, berapa bulan dan berapa hari.
Sebagai contoh kita asumsikan telah mempunyai sebuah tabel seperti contoh dibawah ini :


Selanjutnya kita akan menghitung usia dari nama-nama pada tabel diatas, pada tabel diatas ada kolom tanggal lahir yang akan kita hitung. 

Pada kolom tahun silahkan masukan function datedif  "=datedif(cell tanggal lahir, now(),y)" untuk lebih jelasnya  coba perhatikan gambar dibawah ini.



Untuk kolom bulan kita hanya mengganti "Y" pada rumus diatas diganti dengan "YM" rumusnya menjadi  "=datedif(cell tanggal lahir, now(),"ym")",  perlu dipahami juga untuk bulan disini dihitung dari usia (tahun) yang terakhir. Coba perhatikan tabel dibawah ini.

  

Yang terakhir adalah kita akan menghitung hari, pada dasarnya adalah prinsipnya sama dengan rumus-rumus diatas. Perlu dipahami juga hari yang dihitung disini adalah jumlah hari dari bulan terakhir. Rumus lengkapnya adalah sebagai berikut  "=datedif(cell tanggal lahir, now(),"ym")". Sebagai contoh kita lihat gambar dibawah ini.


Dengan menggunakan function datedif kita dapat mengetahui usia seseorang mulai dari berapa tahun, berapa bulan dan berapa hari..!!. Mudah bukan menghitung usia seseorang..??

6 komentar:

Tinggalkanlah jejak dengan menulis komentar.