Home » , , , , » Menambah Value Secara Otomatis Pada Range Define Name

Menambah Value Secara Otomatis Pada Range Define Name

Sering membuat range data dan di define..? kalau kita sering melakukan hal tersebut pasti kita pernah mengalami bahwa range data yang kita buat itu bersifat statis, kelemahannya adalah ketika kita menambah data dibawah range yang kita buat, maka data baru tersebut tidak masuk kedalam range data yang telah di define name oleh kita. 
Pada postingan kali ini, kita akan membahas cara membuat range data yang di telah di define name menjadi otomatis. Otomatis disini berarti ketika kita menambah data pada baris baru maka secara otomatis data tersebut akan masuk kedalam range data yang telah kita buat tanpa merubah define name yang telah dibuat sebelumnya.
Mungkin sebagian dari kita masih sedikit bingung dengan maksud tulisan diatas, untuk lebih jelasnya kita akan membuat contoh kasus. Pada contoh kasus kali ini kita akan membuat database barang, tentu saja database barang ini sifatnya cukup dinamis, karena mungkin saja ada penambahan barang pada stock sehingga harus dimasukan kedalam databasenya. 


Langkah Pertama
Buatlah database barangnya seperti terlihat pada gambar dibawah ini.


Langkah Kedua
Untuk langkah selanjunya buatlah range datanya dan di define name, Caranya blok data yang akan dimasukan kedalam range yang akan dibuat define namenya, lalu pilih Tab Formulas pada menu, lalu klik Define Name,  perhatikan gambar dibawah ini.


Setelah di klik tombol Define Name maka akan muncul kotak dialognya, tentukan nama yang akan digunakan pada field Name untuk contoh diberinama "database_barang".
Sedangkan untuk field Refers to blok cell / range yang akan akan di beri nama (di define name).


Kalau sudah selesai klik tombol OK.

Langkah Ketiga
Untuk langkah ketiga kita akan membuat Combo Cell mirip Combo Box cuma bedanya ini menggunakan Cell sebagai medianya. Pertama pilih Cell yang akan dijadikan Combo Cell, di contoh yang digunakan adalah Cell G2, lalu klik tab Data pada menu bar lalu pilih menu Data Validation.


Setelah di klik akan muncul kotak dialog Data Validation. Pilih List pada pilihan "Allow", lalu pada kotak "Source" isikan "=database_barang" seperti yang tadi dibuat.


Untuk menangani error klik "Error Alert", lalu atur sesuai dengan kebutuhan seperti gambar dibawah ini.

Kalau sudah klik tombol OK. Sekarang kita akan coba tes cellnya kalau benar maka pada cell akan tampil pilihan yang sama seperti value range "database_barang" (D3:D9).


Nah disini masalahnya kalau kita akan menambahkan data pada Cell D10 maka pada combo Cell G2 tidak masuk secara otomatis. Untuk lebih jelasnya kita tambahkan satu data lagi pada Cell D10 misal "Pasta Gigi Merk D". Pada Cell G2 pilihan "Pasta Gigi Merk D" tidak muncul secara otomatis.



Langkah Keempat
Untuk mengantisipasi hal tersebut kita harus edit "define name" nya, buka kembali tab Formulas lalu buka menu "Name Manager". 

 


Pilih database_barang Klik tombol Edit


Gantikan rumus yang ada pada field Refers to dengan "=OFFSET('Data Barang'!$D$3;0;0; COUNTA('Data Barang'!$D:$D)-1;1)" lalu klik OK.

Sekarang kita coba masukan data pada Cell D11 dan seterusnya dan lihat hasilnya. Data yang kita inputkan pada Cell D11 dan seterusnya akan secara otomatis masuk dalam Combo Cell G2. Cara ini dapat  kita implementasikan ke hal lainnya tidak hanya Combo Cell seperti contoh diatas.
OK Sementara itu dulu posting kali ini mudah-mudahan bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Tinggalkanlah jejak dengan menulis komentar.