Home » , » Fungsi AND()

Fungsi AND()

Pada Artikel kali ini, kita akan membahas penggunaan fungsi AND(), penggunaan fungsi ini dalam implementasinya banyak dikombinasikan dengan fungsi-fungsi yang lain karena fungsi ini salah satu fungsi yang bersifat logic kondisi (TRUE/FALSE) . 

Fungsi AND()

Cara kerja dari fungsi ini adalah dengan cara mengecek dua kondisi yang berbeda. Coba kita perhatikan tabel dibawah ini.




KONDISI 1

KONDISI 2

FUNGSI AND()

TRUE

TRUE

TRUE

TRUE

FALSE

FALSE

FALSE

TRUE

FALSE

FALSE

FALSE

FALSE

Dari tabel diatas dapat diambil kesimpulan bahwa fungsi AND() akan menghasilkan kondisi TRUE apabila pada kondisi pertama dan kondisi kedua bernilai TRUE. Untuk membuktikannya kita bisa langsung praktekan pada lembar kerja, buatlah tabel pada Microsoft Excel seperti gambar dibawah ini.


Penulisan Syntax

Cara penulisan rumus sederhana pada fungsi AND() adalah "=AND(Kondisi 1, Kondisi2)"  
Keterangan:
  • Kondisi 1 = adalah sel dengan kondisi dengan nilai TRUE atau FALSE
  • Kondisi 2 = adalah sel dengan kondisi dengan nilai TRUE atau FALSE
Biasanya fungsi ini digabungkan dengan fungsi-fungsi lain seperti fungsi IF()  

Contoh

Pada contoh berikut menunjukan hasil pemeriksaan seorang guru terhadap siswanya dengan menggunakan fungsi IF() dan AND(). Pada contoh dibawah bahwa siswa dianggap lulus jika kedua mata pelajaran minimal memperoleh nilai 60. jika salah satu nilai dibawah 60 maka siswa akan dianggap gagal.


Rumus pada sel D4 adalah =IF(AND(C4>=60,D4>=60),"LULUS","GAGAL"). Kita lihat pada contoh diatas bahwa siswa akan dianggap lulus jika kedua mata pelajaran minimal mempunyai nilai 60 jika salah satu mata pelajaran atau kedua mata pelajaran kurang dari 60 maka siswa dianggap tidak lulus. 

Dalam kondisi ini bisa kita simpulkan bahwa :
  • Nilai diatas atau sama dengan 60 = TRUE
  • Nilai dibawah 60                          =  FALSE

Sesuai dengan tabel diatas bahwa kondisi AND akan menghasilkan nilai TRUE apabila kedua argumen (kondisi) bernilai TRUE, maka pada contoh kasus diatas siswa akan dianggap lulus jika kedua mata pelajaran mempunyai nilai diatas atau sama dengan 60.

Download contoh file klik disini.

0 komentar:

Posting Komentar

Tinggalkanlah jejak dengan menulis komentar.