Home » , , » Cara Menghitung Tanggal dan Bulan Dengan Menggunakan Fungsi EDATE

Cara Menghitung Tanggal dan Bulan Dengan Menggunakan Fungsi EDATE

Pernah mendengar fungsi EDATE..? mungkin banyak yang sudah mendengar tapi jarang menggunakannya karena belum tahu fungsinya untuk apa. Sebenarnya fungsi yang satu ini digunakan untuk menghitung tanggal dan bulan baik untuk waktu yang akan datang ataupun waktu yang silam.
Lalu kenapa kita membutuhkan fungsi ini.?..
Karena kita tahu bahwa jumlah hari tiap bulannya ada yang berbeda-beda, ada yang 28, 30 dan 31 hari, belum lagi kalau tahun kabisat, bulan Februari menjadi 29 hari. Berangkat dari hal tersebut mungkin kita lebih baik bisa memanfaatkan fungsi yang satu ini dalam menjumlahkan tanggal dan bulan, tanpa harus repot-repot menghitung jumlah hari.

Berikut ini akan diuraikan beberapa cara agar kita bisa menggunakan fungsi ini dengan maksimal.
Menambahkan Bulan
Sintaknya adalah  =EDATE(Tanggal Awal, Bulan) 


  • Masukan tanggal pada sell C5 sampai dengan C8,
  • Masukan jumlah bulan yang akan ditambahkan pada tanggal awal atau yang akan dikurangi dengan menggunakan tanda minus (-) pada sell D5 sampai dengan D8.
  • Hasilnya adalah pada sel E5 sampai dengan E8.
Perhatikan pada sel E5:E8 hasilnya masih berupa angka, untuk merubahnya lakukan perubahan Dengan Format Cell, lalu pilih Date.


Lakukan sesuai urutan gambar diatas maka hasilnya akan menjadi tanggal, jika hasilnya benar akan tampak seperti gambar dibawah ini

  
Contoh Penggunaan :
Misalkan sebuah perusahaan menginginkan sebuah laporan 3 bulan kedepan dan tengat waktu laporan tidak jatuh pada hari sabtu dan minggu karena merupakan hari libur. 

 
Syntaknya adalah =EDATE(D5;E5)-IF(WEEKDAY(EDATE(D5;E5);2)>5;WEEKDAY(EDATE(D5;E5);2)-5;0) untuk baris nomor 5, untuk bari selanjutnya kita tinggal mendragnya saja.
Tambahan untuk fungsi WEEKDAY() adalah fungsi untuk mengidentifikasi hari kerja dari tanggal akhir laporan, sehingga tengat akhir laporan tidak akan jatuh pada hari sabtu dan minggu.

0 komentar:

Posting Komentar

Tinggalkanlah jejak dengan menulis komentar.